Sabtu, 29 September 2012

DASAR-DASAR TEKNOLOGI INFORMASI

1.       Pengertian teknologi informasi

Perkembangan teknologi keberadaannya sejalan dengan peradaban manusia. Untuk memahami apa itu teknologi informasi maka harus diuraikan arti dari kedua kata tersebut. Teknologi adalah alat yang digunakan manusia untuk mambantu atau mempermudah aktifitas kesehariannya. Sedangkan informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari bunyi, tulisan ataupun simbol, yang memiliki makna dan dapat ditafsirkan. Jadi dari kedua kata tersebut teknologi informasi adalah alat yang digunakan manusia untuk menyampaikan pesan.
Terkait perkembangan teknologi informasi dalam kehidupan manusia keberadaannya sejalan dengan awal sejarah manusia. Pada awal sejarah manusia, pertukaran informasi telah terjadi dengan menggunakan bahasa. Bahasa pada saat itu merupakan teknologi yang digunakan untuk menyampaikan informasi dari komunikator kepada komunikan.
Permasalahan terjadi ketika bahasa tidak dapat disimpan dalam waktu lama, selain itu penyebaran informasi dengan menggunakan bahasa memiliki jangkauan terbatas, maka selanjutnya muncul penyampaian informasi dengan menggunakan gambar dan tulisan yang dibuat pada batu.
Bukti-bukti yang ditemukan para arkeolog menunjukkan pada zaman awal sejarah keberadaan manusia, mereka menggunakan gambar di dinding gua dan batu untuk menginformasikan suatu kondisi yang dialami. Selanjutnya ditemukan beberapa tulisan dalam bongkahan batu dan kulit hewan untuk menyampaikan informasi. Pada saat itu gambar dan tulisan pada batu dan kulit hewan merupakan teknologi informasi yang dimiliki.
Keberadaan teknologi informasi tersebut terus berkembang untuk memenuhi tuntutan kebutuhan manusia akan informasi. Teknologi informasi manusia saat ini adalah dengan penggunaan komputer dan alat komunikasi.
Walaupun belum terdapat kesepakatan yang universal mengenai pengertian teknologi informasi, namun pada dasarnya seluruhnya memiliki esensi pengertian yang sama. Adapun beberapa pengertian yang disampaikan para ahli terkait teknologi informasi adalah sebagai berikut :
Menurut Haag dan Keen, 1996 teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu manusia bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
Menurut Martin, 1999 teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
Jadi, secara singkat pengertian teknologi informasi adalah istilah berbagai macam hal untuk mencari, menyimpan, dan menyebarkan informasi. Contoh dari teknologi informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).

2.       Pengelompokan Teknologi Informasi

Teknologi informasi digunakan untuk menangkap (menerima), menyimpan dan menyebarluaskan informasi. Berikut ini adalah pengelompokan teknologi informasi :


  •  Teknologi masukan (input technologi), teknologi yang berhubungan dengan peralatan untuk memasukkan data-data yang dibutuhkan.
  •   Teknologi keluaran (output technology), peralatan berfungsi menyajikan informasi hasil pengolahan dari data-data yang dimiliki.
  •  Teknologi perangkat lunak (software) adalah program aplikasi yang digunakan untuk memberikan komputer kemampuan dalam melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki penggunanya.
  • Teknologi penyimpanan, adalah alat yang berfungsi sebagai penyimpanan data dan informasi yang dimiliki.
  •  Teknologi pemroses (processing machine), alat yang digunakan untuk memproses data dan informasi. Teknologi ini lebih dikenal dengan sebutan CPU (central processing unit), mikroprosesor, atau prosesor.

3.       Fungsi Teknologi Informasi

Fungsi teknologi informasi adalah sebagai berikut :


  • Capture, menangkap fakta-fakta yang terkait dngan pengetahuan yang digarapkan.
  • Processing, mengubah, menganalisis, menghitung dan mengumpulkan semua bentuk data atau informasi.
  •  Generation, proses menata informasi ke dlam bentuk yang bermanfaat.
  • Storage, penyimpanan data atau informasi.
  • Retrieval, proses penempatan salinan data untuk pengolahan lebih lanjut atau untuk ditransmisikan ke pengguna lain.
  • Transmission, mendistribusikan informasi melalui jaringan komunikasi.

4.       Pemanfaatan Teknologi Informasi

Teknologi informasi memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia maupun organisasi atau perusahaan. Mulai dari penggunaan TI secara individu untuk bersosialisasi, berinteraksi, transaksi, belajar, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk organisasi atau perusahaan TI digunakan untuk :


  • Mengurangi komplesitas tugas manajemen, dimana dalam menjalankan fungsi sebagai manajemen dari mulai perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian mereka membutuhkan informasi sebagai landasan menjalankan fungsinya tersebut.
  • Pengaruh globalisasi. Bagi organisasi yang ingin memperluas pasar mereka ke luar negerimembuat kebutuhan akan informasi banyak mengenai pasar baru yang akan mereka masuki.
  •  Perlunya response time cepat. Penggunaan TI dalam penanganan pasien di rumah sakit diperlukan agar kondisi pasien tetap terpantau dan dapat meningkatkan response ketika terjadi kondisi kritis.
  • Tekanan persaingan bisnis. Dalam persaingan bisnis pelaksanaan kegiatan organisasi dituntut kecepatan dan ketepatan dalam mengambil keputusan, serta bagaimana solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan dibutuhkan ketersediaan informasi yang cepat dan tepat.

5.       Komponen yang Membangun TI

Komponen teknologi informasi merupakan sebuah sistem yang terbentuk berdasarkan tujuan, mengenai apa yang ingin diketahui dari penggunaannya. Setidaknya terdapat tiga komponen utama teknologi informasi, yaitu :


  •  Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras adalah perangkat fisik yang membangun sebuah teknologi informasi. Contohnya adalah monitor, CD-ROM, kabel jaringan komunikasi, flasdisk, telepon seluler, dan lain sebagainya. Perangkat keras terdiri dari perangkat input dan output yang digunakan untuk memasukan, dan mengeluarkan data dan informasi.


  • Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak berupa program yang dibuat untuk keperluan pengguna teknologi. Perangkat lunak dibagi ke dalam tiga jenis, yaitu :
a.       Perangkat Lunak System
Perangkat lunak system merupakan perangkat lunak yang dibuat untuk mengontrol semua perangkat keras, sehingga semua perangkat keras teknologi informasi dapat bekerja dengan kompak sebagai suatu system yang utuh. Contohnya adalah system operasi windows, linux, unix, dan freeBSD.
b.      Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman
Perangkat lunak pemrograman merupakan perangkat lunak yang dibuat untuk membuat program aplikasi maupun perangkat lunak system. Misalnya visual basic, delphi, turbo C, fortan, cobol, turbo assembler, dan lain sebagainya.
c.       Perangkat Lunak Aplikasi.
Perangkat lunak aplikasi adalah program jadi yang siap pakai untuk keperluan khusus. Contohnya adalah perangkat lunak untuk audio adalah Winamp, real player, sedangkan untuk keperluan statistic SPSS, minitab, liserl, AMOS dan sebagainya.



  • Perangkat Otak/Kecerdasan yang Dimiliki Manusia (Brainware)
Brainware merupakan orang yang menjadi pengguna, pemelihara, pembuat sistem teknologi. Sebagai faktor penentu manusia menentukan bagaimana tinggi rendahnya pemanfaatan dari teknologi informasi tersebut. Untuk mampu meningkatkan pemanfaatan dari teknologi tersebut manusia harus terus mempelajari pemanfaatannya untuk mengatasi permasalahan yang ada.

6.       Data, Informasi, dan Pengetahuan

Keberadaan teknologi informasi tidak akan terlepas dari tiga aspek yang membentuknya, adapun ketiga aspek tersebut adalah sebagai berikut :


  • Data
Data adalah fakta mentah yang didapatkan belum terorganisir. Terkait kegiatan pengumpulan data harus memperhatikan kredibilitas (keterpercayaan) dari sumber data. Adapun sumber data secara garis besar dibagi menjadi sumber yang berasal dari faktor internal dan data yang berasal dari faktor eksternal.


  • Informasi
Informasi adalah data yang telah terorganisir (telah direduksi) sehingga memberikan arti pada penggunanya. Data dapat menjadi sebuah informasi ketika diproses sesuai dengan karakteristik data tersebut. Kemampuan yang dimiliki untuk mengorganisir data menentukan keakuratan informasi.


  • Pengetahuan
Pengetahuan adalah informasi yang telah diproses sehingga memberikan pembelajaran dan pemahaman untuk dapat diaplikasikan. Informasi yang akurat memberikan pengetahuan yang jelas terhadap kondisi sedang dan akan dialami secara tepat.




7.       Peranan TI

TI memegang peranan penting dalam peningkatan kemampuan individu maupun organisasi dalam mencapai tujuan (efektif), serta peningkatan efisiensi dalam mencapai tujuan individu dan organisasi. Mencapai efektifitas berarti kemampuan individu dan organisasi dalam mencapai tujuan, sedangkan meningkatkan efisiensi berarti mengurangi sumber daya yang terbuang untuk mencapai tujuan tersebut.
Karena dengan kemampuan TI menghasilkan pengetahuan mengenai bagaimana cara terbaik mencapai tujuan, bagaimana cara mengorganisir kegiatan untuk mencapai tujuan, bagaimana cara memotivasi diri, dan bagaimana melakukan pengendalian atas usaha pencapaian tujuan tersebut, maka individu maupun organisasi akan mampu mencapai efektifitas dan efisiensi. Menurut G.R Terry, ada 5 peranan mendasar teknologi informasi di sebuah perusahaan, yaitu :


  • Fungsi Operasional
Akan membuat struktur organisasi menjadi lebih ramping telah diambilalih fungsinya oleh teknologi informasi. Karena sifat penggunaannya yang menyebar di seluruh fungsi organisasi, unit terkait dengan manajemen teknologi informasi akan menjalankan fungsinya sebagai supporting agency dimana teknologi informasi dianggap sebagai sebuah firm infrastructure. 


  •  Fungsi Monitoring and Control
Mengandung arti bahwa keberadaan teknologi informasi akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan aktivitas di level manajerial embedded di dalam setiap fungsi manajer, sehingga struktur organisasi unit terkait dengannya harus dapat memiliki span of control atau peer relationship  yang memungkinkan terjadinya interaksi efektif dengan para manajer di perusahaan terkait.


  • Fungsi Planning and Decision
Mengangkat teknologi informasi ke tataran peran yang lebih strategis lagi karena keberadaannya sebagai enabler dari rencana bisnis perusahaan dan merupakan sebuah knowledge generator bagi para pimpinan perusahaan yang dihadapkan pada realitas untuk mengambil sejumlah keputusan penting sehari-harinya. Tidak jarang perusahaan yang pada akhirnya memilih menempatkan unit teknologi informasi sebagai bagian dari fungsi perencanaan dan atau pengembangan korporat karena fungsi strategis tersebut diatas.


  •  Fungsi Communication
Secara prinsip termasuk ke dalam firm infrastructure dalam era organisasi modern dimana teknologi informasi ditempatkan posisinya sebagai sarana atau media individu perusahaan dalam berkomunikasi, berkolaborasi, berkooperasi, dan berinteraksi.


  •  Fungsi Interorganisational
Merupakan sebuah peran yang cukup unik karena dipicu oleh semangat globalisasi yang memaksa perusahaan untuk melakukan kolaborasi atau menjalin kemitraan dengan sejumlah perusahaan lain. Konsep kemitraan strategis atau partnerships berbasis teknologi informasi seperti implementasi Supply Chain Management atau Enterprise Resourse Planning membuat perusahaan melakukan sejumlah terobosan penting dalam mendesain struktur organisasi unit teknologi informasinya.

8.       Tujuan dan Prinsip TI

Tujuan teknologi informasi adalah untuk memecahkan masalah, membuka kreatifitas, dan membuat pencapaian tujuan lebih efisien, daripada tidak menggunakan teknologi informasi dalam pekerjaannya.

9.       Pemahaman dan Pemanfaatan TI

Know-how diartikan sebagai mengerti dan paham bagaimana mengerjakan sesuatu dengan baik, dalam hal ini kemampuan menggunakan kecanggihan TI untuk memecahkan masalah, serta memanfaatkan peluang atau bahkan menciptakan peluang melalui pengggunaan TI. Know-How mencakup :


  •  Familiar dengan peralatan-peralatan TI
  • Punya skil dalam menggunakan peralatan-peralatan TI
  •  Mengerti kapan menggunakan TI untuk memecahkan masalah atau memanfaatkan peluang.